Memaksimalkan Potensi Menjadi Serupa Kristus

 

1. KAJIAN

ILMU KEDOKTERAN/ MEDIS dan ILMU JIWA/PSIKOLOGI

TERHADAP PENGAKTIFAN OTAK TENGAH (POT) CARA DUNIA

2.1.      KAJIAN MEDIS :

DAHSYATNYA TUHAN MENCIPTAKAN OTAK MANUSIA


Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan otak/ daya pikir yang luar biasa:

n      Lebih dari 30 Miliar Neuron atau Syaraf

n      Memori 30-70 Trilliun giga

n      Mencetuskan aliran elektrik

n      Memiliki kemampuan 10.000 X Kemampuan Komputer

n      70-100 Trilyun pola pikir tak terhingga yang setara dengan 500 ensiklopedia

n      Aktivasi sel menghasilkan gelombang otak yang disebut juga Brainwave

n      Brainwave dapat direkam dengan electroencephalograph (EEG)

2.2.      BAGIAN-BAGIAN OTAK MANUSIA

Otak manusia terdiri dari :

1.      Otak Besar, terdiri dari :

  • otak kanan ( berpikir seni)
  • otak kiri (berpikir logis)

Otak besar  disebut juga:

  • Otak depan
  • otak kanan dan otak kiri
  • otak berpikir
  • otak neo corteks
  • otak mamalia baru.

2.      Otak belakang terdiri dari:

  • Batang Otak (mengatur kerja jantung, dll)

Batang otak disebut juga Otak Reptil

Di batang otak paling atas terdapat Mesencephalon/ Otak tengah/

Midbrain.

  • Otak Kecil (mengatur gerak)

Paul  MacLean, Direktur Laboratorium Evolusi dan Tingkah Laku Otak, National Institute of Mental Health di Amerika menemukan bahwa di dalam otak manusia terbagi menjadi 3 bagian besar:


  • Otak Mamalia Baru, Neocortex , Higher- order thinking, Neomammalian
  • Otak Mamalia Tua, Limbic Brain, terdiri dari system operasi otak tengah/ system limbic, emotions, Paleomammalian

Sistem Limbic / system operasi otak tengah terdiri dari :

  • Amigdala, hipokampus, hipotalamus (2)
  • Di dalam system limbic selain 3 komponen tersebut, juga termasuk di dalamnya batang otak, Karna otak tengah/mesencephalon menyatu dengan batang otak, otomatis otak tengah/mesencephalon itu termasuk dalam system limbic
  • Otak Reptil,  brain stem , yaitu batang otak, protoreptilian, survival:

Dunia kedokteran tidak mengenal istilah Otak Tengah, karena istilah Otak Tengah itu hanya dipakai pada saat pembentukan otak pada janin dalam kandungan, setelah pembentukan itu selesai, otak tengah (midbrain/mesencephalon) sudah digolongkan sebagai  batang otak .

Namun untuk menyamakan persepsi, dalam seminar ini kita tetap menggunakan istilah MIDBRAIN otak tengah/mesencephalon  tersebut

2.3.      ANATOMI OTAK TENGAH/ MESENCEPHALON

Kebohongan Publik (1)

“Otak tengah berfungsi untuk menghubungkan otak kanan dan otak kiri”

Pernyatan ini adalah sebuah kesalahan FATAL.  Hal ini digolongkan sebagai Pseudoscience. Yang dimaksud Pseudoscience di sini adalah : pernyataan yang seakan-akan ilmiah namun tidak terbukti sama sekali sebagai ilmiah

Secara anatomi, mesenchephalon tidak berada di tengah-tengah,  antara otak kanan dan otak kiri, melainkan berada di tengah-tengah antara otak depan dan otak belakang.

Karena secara anatomi mesencephalon tidak berhubungan langsung dengan otak kanan dan otak kiri, maka mesencephalon tidak mungkin bisa menghubungkan keduanya, apalagi menyeimbangkan

 

 

Dr Arman Yurisaldi, MS, SpS dalam bukunya berjudul “Mengungkap Misteri Otak Tengah”  ditulis:


Otak tengah (mid-brain), secara anatomik, adalah bagian penghubung forebrain dengan hindbrain. Otak tengah adalah tempat perlintasan arus elektrik, zat-zat neurokimiawi dari batang otak menuju otak besar, gangguan pada daerah ini bisa mengakibatkan terganggunya kesadaran.

Dari tulisan ini, dapat kita simpulkan bahwa :

Otak tengah BUKAN otak penghubung antara otak kiri dan kanan. Melainkan terletak di antara otak depan dan otak belakang.

Dalam buku Anatomi Syaraf Pusat Manusia, karya DR. P. Sidharta dan Dr. G. Dewanto, dapat kita ketahui bahwa penghubung antara otak kiri dan kanan adalah CORPUS CALLOSUM.

Kesalahan fatal ini membuktikan bahwa secara anatomi, para praktisi otak tengah cara dunia tidak dapat dipercaya dalam sisi ilmiahnya.

2.4. 1 KAJIAN MEDIS : FUNGSI MESENCEPHALON/OTAK TENGAH

Kebohongan Publik (2)

“Blind Fold Method/ Metode menutup mata dengan kain, dalam mata tertutup bisa membaca, menunjukkan otak tengah yang sudah aktif.

Hal ini jelas-jelas tidak berhubungan sama sekali dengan otak tengah yang sudah aktif, karna sebenarnya otak tengah kita sudah aktif, melainkan hubungannya adalah dengan fungsi mesenchephalon sebagai FUNGSI AUDIO VISUAL SERTA FUNGSI MEMORI SERTA HORMONAL

Apa sebenarnya otak tengah itu dan apa fungsi sebenarnya, dalam ilmu MEDIS?

Dalam sebuah situs berjudul “Genius karena Aktivasi Otak Tengah—Science atau Pseudoscience?” , dan juga dalam artikel berikut http://biology.about.com/od/anatomy/p/mesencephalon.htm didapat keterangan mengenai fungsi Otak Tengah/ Mesencephalon sbb:

Otak tengah (mesensefalon)
Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.

Otak tengah
Otak tengah (bahasa Inggris: mesencephalon) adalah bagian otak yang mempunyai struktur:
tektum, terdiri dari 2 pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina:
inferior colliculi, terlibat pada proses pendengaran. Sinyal yang diterima dari berbagai nukleus batang otak diproyeksikan menuju bagian dari talamus yang disebut medial geniculate nucleus untuk diteruskan menuju korteks pendengaran primer (bahasa Inggris: primary auditory cortex).
superior colliculi, berperan sebagai awal proses visual dan pengendalian gerakan mata
cerebral peduncle
tegmentum adalah jaringan multi-sinapsis yang terlibat pada sistem homeostasis dan lintasan refleks.

Rangkuman dari beberapa sumber tersebut : FUNGSI MESENCEPHALON SBB:

FUNGSI VISUAL : yang meliputi :

  • MENGONTROL RESPON UNTUK MELIHAT
  • PERGERAKAN MATA
  • PERGERAKAN BOLA MATA
  • PERGERAKAN LENSA MATA
  • PEMBESARAN PUPIL MATA
  • PENYEMPITAN PUPIL MATA
  • REFLEKS MATA
  • SARAF VISUAL

FUNGSI AUDIO

  • PUSAT PENDENGARAN
  • PROSES BERLANGSUNGNYA PENDENGARAN: MENERIMA SINYAL DAN MENERUSKANNYA KE KORTEKS PENDENGARAN YANG DISEBUT: PRIMERY AUDITORY CORTEKS

FUNGSI MOTORIK

FUNGSI MEMORI

  • penyusunan memori yang baru bersama dengan organ hipokampus      yang dirangsang oleh kadar dopamine otak, dengan demikian pembelajaran juga melibatkan otak tengah/ mesencephalon.
  • organ penyusun system limbic seperti : amygdale, hipokampus, dan hipotalamus berperan penting dalam penyusunan dan recalling memori

FUNGSI HORMONAL

  • sitem limbic merupakan system control emosi dan kontrol hormon, sehingga proses belajar dapat dilakukan serempak / simultan

Jadi karena mesencephalon secara Medis berfungsi secara visual, penyusunan memori, recalling memori, control emosi dan control hormone, sedangkan cara dunia justru memakai BFM (Blind Fold Method/ metode menutup mata dengan kain) dalam aktivasi otak tengah ;

maka  otak tengah/mesencephalon dengan Blind Fold Method lebih mengarah pada disiplin ilmu psikologi dan ilmu okultisme yang mana lebih menjelaskan BFM sebagai ritual untuk memasuki pikiran bawah sadar dengan menggunakan mata roh/ ESP/ indra ke enam (akan dijelaskan lebih lanjut).

Penggunaan sebenarnya dari Otak tengah di sini bukanlah sebagai penyeimbang otak kanan dan otak kiri, melainkan sebagai berikut:

fungsi visual ( yang dibawa masuk ke VISUALISASI ROH, melalui cara mempertajam intuisi di pikiran bawah sadar, hal ini lebih lanjut akan kita bahas di sesi Kajian Okultisme/ Ilmu Hitam)

fungsi audio (yang dibawa masuk ke pikiran bawah sadar melalui Hypnotis Audio)

fungsi Motorik ( yang membuat anak-anak tertidur di sesi hypnotis)

fungsi Memori (yang menjadi pintu masuk hypnotis, anak-anak diajak menggali memori masa lalu)

fungsi Hormonal (yang digembar-gemborkan dapat menstabilkan hormon)

2.4.1.1 KAJIAN MEDIS

Otak tengah kita/gelombang alpha kita tidak tertidur !

Kebohongan Publik (3)

“Otak tengah kebanyakan orang sedang tertidur”

Siapa bilang otak tengah kita sedang tertidur ?

Binatang terkecil sekalipun memiliki batang otak dan otak tengah, hanya binatang tertentu dan hanya sebagian kecil binatang saja yang menggunakan otak berpikir/ neokortex, contohnya lumba-lumba di sirkus dapat menghitung matematika. Bahkan tidak semua binatang memiliki bagian otak neokortex, contohnya pada binatang reptile.

Hal ini juga dibuktikan oleh hasil penelitian Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona yang sudah kita bahas di atas tadi, bahwa pada saat seseorang bermeditasi, dan pada saat orang sedang berolah raga, gelombang otak yang dominan adalah gelombang alpha. Jadi tidak perlu membeli sekian juta rupiah untuk memaksimalkan gelombang alpha yang bekerja di Otak Tengah/ Mesencephalon. Dalam keseharian kita otak tengah kita sudah bekerja. Bahkan setiap saat kita menjelang tidur, otak kita bekerja pada dominan gelombang alpha.

Jangan menghina Tuhan ! Tuhan tidak mungkin menciptakan mesencephalon hanya untuk ‘tidur-tiduran’. Yang betul adalah “memaksimalkan fungsi otak tengah” Fungsi otak tidak bisa dibeli dengan uang. Justru kalau salah ambil keputusan bahaya, karna tidak ada toko yang jual otak untuk mengganti otak anak-anak. Orang yang menghina hikmat dan didikan dikatakan Alkitab sebagai orang bodoh !! (Amsal 1: 7)

Amsal  17:16 Apakah gunanya uang di tangan orang bebal untuk

membeli hikmat, sedang ia tidak berakal budi?

2.4.2. KAJIAN PSIKOLOGI : FUNGSI MESENCEPHALON/OTAK TENGAH

Kebohongan Publik (4)

“Mesencephalon adalah penyeimbang otak kanan dan kiri”

Fungsi mesencephalon bukan sebagai penyeimbang otak kanan dan otak kiri, melainkan fungsi utamanya adalah sebagai perantara antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Dalam buku Quantum Ikhlas oleh Erbe Sentanu, dijelaskan bahwa menurut Paul  MacLean, Direktur Laboratorium Evolusi dan Tingkah Laku Otak, National Institute of Mental Health di Amerika, mengenai 3 bagian otak tersebut, dalam dunia psikologi, diketahui bahwa pikiran manusia terdiri dari 2 macam, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

  • Otak Mamalia Baru, Neocortex , Higher- order thinking, Neomammalian mengoperasikan pikiran sadar
  • Otak Mamalia Tua, system limbic,menjadi perantara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar
  • Otak Reptil,  brain stem , yaitu batang otak, protoreptilian, survival, mengoprasikan pikiran bawah sadar

 

 

2.4.2.1. Apa itu pikiran sadar?

Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan, dijelaskan bahwa

Pikiran sadar adalah :

  • proses mental yang bisa dikendalikan secara sengaja,
  • Menerima informasi lewat lima panca indra,
  • mengidentifikasi
  • membandingkan dengan memori ,
  • menganalisa,
  • memutuskan respon berdasarkan informasi,
  • bereaksi dengan logika

Cara kerja otak berpikir/ pikiran sadar  adalah mengolah data yang masuk / input data melalui 5 panca indra, diproses dengan 3 pola pikir ( mengidentifikasi, membandingkan dengan memori, menganalisa) dan akhirnya diputuskan berupa respon

2.4.2.2. Otak mamalia tua/ Sistem limbic:

Menurut buku ”Anatomi Susunan Syaraf Pusat  Manusia, karya DR. P. Sidharta dan Dr. G. Dewanto ;

System operasi otak tengah/ system limbic, melibatkan beberapa komponen di bagian tengah dan melibatkan juga  batang otak/ otak reptile yang menyatu dengan mesencephalon/midbrain

Fungsi Otak mamalia tua/ Sistem limbic

  • menghubungkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar
  • mengatur emosi.
  • Dalam buku Quantum Ikhlas oleh Erbe Sentanu, dijelaskan bahwa
  • Pada sistem  limbic/ sistem operasi otak tengah, terkadang terkandung emosi kelembutan dan ingin merawat, layaknya mamalia pada umumnya
  • Tetapi tidak jarang emosi ini berupa ; agresi, perlawanan, ingin mendominasi dan ingin membela diri, rasa takut terekam di sini

Dalam hal ini otak tengah netral, namun untuk penggunaan emosi yang dioperasikan ke batang otak/sistim limbik, menghasilkan emosi negative ( di dalamnya terdapat pikiran bawah sadar) , sedangkan jika emosi mengubah jalur saraf ke otak berpikir/ neocorteks akan menghasilkan emosi positif ( pikiran sadar)

2.4.2.3.           Apa  itu pikiran bawah sadar?

Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan, dijelaskan bahwa

Pikiran bawah sadar adalah  :

  • Proses mental secara otomatis,
  • tidak menyadari,
  • sulit dikendalikan secara sengaja,
  • kebiasaan,
  • emosi,
  • perasaan,
  • memori permanent/memori jangka panjang,
  • kepribadian,
  • intuisi (tanpa melalui 5 indra),
  • kreatifitas,
  • persepsi/anggapan,
  • keyakinan/ belief
  • dan nilai-nilai/ value

Di dalam pikiran bawah sadar, terdapat yang namanya PUSAT KENDALI OTOMATIS.

 

 

 

Pikiran bawah sadar bereaksi dengan imajinasi/membayangkan/bahasa gambar

Pikiran bawah sadar beroperasi di Otak Reptil/ batang otak yang di dalamnya terdapat mesencephalon

2.4.2.4 Perbandingan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar:

Seperti  gunung , dimana bagian gunung yang muncul ke permukaan , hanya lebih kurang 10 % adalah pikiran sadar, dan bagian gunung  yang terendam dalam tanah adalah lebih kurang 90 % yang merupakan pikiran bawah sadar.

Kekuatan Pikiran bawah sadar adalah 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar.

Itulah yang menyebabkan seseorang itu sulit mengubah sebuah kebiasaan yang sudah terlanjur mengendap di pikiran bawah sadar.

Apabila terjadi pertentangan antara pikiran sadar dan bawah sadar,

pikiran bawah sadar pastilah yang menang.

2.5.1 KAJIAN MEDIS DAN PSIKOLOGI TENTANG : APA ITU GELOMBANG OTAK MANUSIA ?

Gelombang otak manusia bisa dideteksi dengan alat EEG, Elektroenchephalograph. Bahkan saat ini ada alat yang lebih canggih yaitu PET- SCAN atau f- MRI

Lima Gelombang Otak Manusia

Gelombang otak manusia terbagi menjadi :

  • Gamma                                                                               (30-45 Hz)

hasrat, konsentrasi tinggi, focus, ekstasi tinggi, pengerahan energi

  • Beta tinggi

anksietas/gelisah, ekstasi atau keterangsangan

Beta    rendah                                                                      (15-30 Hz)

Merasa, berpikir, persepsi, konsentrasi, kognisi, aktivitas mental

  • Alpha            tinggi                                                                                    (8-15 Hz)

Bangun , kesadaran penuh akan badan dan lingkungan, produksi srontonin meningkat

Alpha rendah

relaksasi (dalam keadaan sadar), menghayal, visualisasi, pra tidur, tutup mata tetapi masih sadar, gerbang akses ke pikiran bawah sadar, bekerja di otak tengah/ midbrain

  • Theta                                                                                      (4-8 Hz)

Emosi, pengalaman emosional, kreativitas, meditasi dalam, gerbang ke pikiran bawah sadar, mengantuk, tidur bermimpi, terhipnosa, transe :produksi catecholamin meningkat, vital untuk memori, ingatan dan pembelajaran,

  • Delta tinggi                                                                          (0,1 – 4 Hz)

instink/naluri, tidur tanpa bermimpi, tidur nyenyak, pingsan, trans berat, koma ringan,produksi hormone pertumbuhan meningkat

  • Delta rendah

Koma berat, mati suri

Dalam hal ini semua gelombang otak manusia tetap ada secara lengkap dalam waktu yang bersamaan, namun hanya satu saja gelombang otak yang dominan.

Pada anak-anak, sekalipun mereka beraktifitas dalam keadaan Betha, jika diperiksa dengan EEG gelombang otak anak anak dalam keadaan Alpha dan Theta.

Setelah seorang anak akil balik, dia akan menggunakan gelombang betha sama seperti orang dewasa. Itulah sebabnya dalam Licik Cara Dunia ,  hanya membatasi usia anak sampai batas akil balik.

Perbedaan gelombang otak pada anak inilah yang mengakibatkan:

  • anak-anak cepat menyerap/ menangkap / belajar hal baru.
  • anak-anak sering bermimpi
  • pengalaman traumatis seseorang pada masa kecil terekam sampai dewasa

kita tidak bisa mengingat masa dalam kandungan dan masa bayi, karna semua pengalaman itu terekam dalam memory bawah sadar yang paling bawah yang disebut memory primitif.  (Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan)

2.5.2.1      APA HUBUNGAN GELOMBANG OTAK DENGAN PIKIRAN SADAR DAN PIKIRAN BAWAH SADAR ?

Gelombang Gamma, dan Betha mewakili pikiran sadar,

Gelombang Tetha dan Delta mewakili pikiran bawah sadar,

Gelombang alpha adalah gelombang netral, yang bisa menjadi penghubung/perantara , ke pikiran sadar yang bekerja di otak berpikir/ atau ke pikiran bawah sadar yang bekerja di otak reptile/ batang otak

2.5.3.1 SISI POSITIF GELOMBANG ALPHA YANG BEKERJA DI OTAK

TENGAH/ MESENCEPHALON


Menurut Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona. Hasil penelitiannya  membuktikan bahwa ada hubungan antara gelombang alpha dan kegiatan berolah raga, yang juga di dapat pada saat seseorang sedang bermeditasi.

Ada banyak manfaat olah raga bagi kesehatan mental yang ditemukan dari hasil penelitian ini ( baca :  http://www.smallcrab.com/kesehatan/25-healthy/605-manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-mental), salah satunya adalah dengan berolah raga yang dominant gelombang alpha, diproduksi zat biokimia alami yaitu zat Beta- Endorphin yang dapat berfungsi sbb:

  • meningkatkan daya ingat
  • dan menambah konsentrasi dalam belajar.
  • Menambah kreatifitas
  • Meningkatkan kemampuan belajar

Kesimpulan : pada saat seseorang yang berolah raga terjadi  pemaksimalan gelombang alpha di otak, yang memberi manfaat bagi kesehatan mental. (Perhatikan ! di sini penulis tidak menggunakan kata Pengaktifan gelombang alpha, melainkan pemaksimalan. )

2.5.3.2 KAJIAN PSIKOLOGI

SISI NEGATIF DOMINASI OTAK TENGAH :

Kebohongan Publik (5)

“Anak-anak yang telah diaktivasi otak tengahnya

akan memiliki emosi positif”,

hal ini sama sekali tidak benar dan tidak berdasar ilmiah.

 

Menurut  dr. H. Taufiq Pasiak, M. Pd. I, M.kes. beliau adalah Kandidat doctor UIN Yogyakarta, Penulis best seller “Revolusi IQ/EQ/SQ dan Managemen Kecerdasan ,  dalam bukunya berjudul : “Brain Management for Self Improvement” kecerdasan emosi seseorang tercapai, jika kita mengubah jalur sarafi emosi bukan ke system operasi otak tengah/ system limbic,  tetapi ke otak berpikir/ neo corteks. Penggunaan otak tengah/ system limbic yang berlebihan akan menghasilkan emosi negative dimana kita tidak dapat mengendalikan emosi, justru kita dikendalikan emosi. Sedangkan pemakaian otak berpikir/ neocortex dalam beremosi akan menghasilkan pengendalian emosi atau emosi positif

PERBANDINGAN ANTARA

EMOSI NEGATIF – SISTEM LIMBIC

DAN EMOSI POSITIF – NEO CORTEX

SISTEM LIMBIC ( QUICK SCAN , 12 MILLI – SECONDS,

LESS INFORMATION )

Primitive Brain :

INSTINCTUAL MEMORY                                 DAYA INGAT SECARA NALURI

INSTINCTUAL SELF                                            NALURI PRIBADI

INSTAN AUTOMATIC REACTION                REAKSI INSTAN OTOMATIS

THOUGHTLESS INSTINCTUAL                                    NALURI TANPA DIPIKIRKAN

EMOTIONAL RESPONSE                                 RESPON EMOSIONAL

NEO CORTEKS ( SLOWER INPUT, 24 MILLI- SECONDS,

MORE INFORMATION )

Modern Brain

COCNITIVE FACULTIES                                              KECAKAPAN KOGNITIF

PSYCHOLOGICAL SELF                                  KEJIWAAN PRIBADI

CONSIDERED GAUGED REACTION           REAKSI DENGAN PERTIMBANGAN YANG MASAK

THOUGHTFUL INSTINCTUAL                          NALURI YANG BIJAKSANA

EMOTIONAL SELFISH RESPONSE                  RESPON EGO EMOSIONAL

Perbedaan waktu yang diperlukan , jika emosi menggunakan sistem limbic/jalan tol adalah dua kali lipat lebih cepat ( 12 MILLI SECONDS = 12  per 1000 detik, BANDING 24 MILLI SECONDS = 24 per 1000 detik. Milli = seperseribu ), dengan hasil emosi negative, sedangkan emosi yang dioperasikan ke otak bepikir dua kali lipat lebih lambat dengan hasil emosi positif ( 24 MILLI SECONDS BANDING 12 MILLI SECONDS)

Kesimpulan :

1.      dalam hal ini emosi adalah netral, gelombang alpha adalah netral,

2.      tergantung sekarang, apakah kita menggunakan sistem limbic dalam pengelolaan emosi ( sistem limbic melibatkan otak tengah dan batang otak), ataukah menggunakan neo korteks dalam pengelolaan emosi

i.      Contoh  emosi pada orang yang sedang MABUK adalah dominan kondisi Gelombang Alpha : Pada orang mabuk, gelombang otak yang dominant adalah gelombang Alpha. Orang mabuk, tidak dapat mengendalikan emosinya, justru dikendalikan oleh emosi. Tentunya kita sudah sering mendengar banyak kejahatan dilakukan secara ‘tidak sadar’ oleh orang yang sedang mabuk : perkosaan, ngebut di jalan raya, dll.

ii.      Contoh emosi positif pada orang sedang dalam kondisi Gelombang Alpha : Pada orang yang sedang berolah raga.

Sudah kita pelajari bersama, bahwa berdasarkan hasil penemuan Daniel M. Landers, Professor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas  Arizona ada banyak manfaat dari olah raga, yang bekerja pada gelombang alpha, diantaranya adalah: “erobik rutin dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah” ( emosi positif- komentar penulis)

2.6.1 KAJIAN MEDIS DAN PSIKOLOGI

KAITAN ANTARA OTAK, GELOMBANG OTAK DAN TEORI PIKIRAN

OTAK REPTIL/BATANG OTAKDI DALAMNYA MENYATU DENGANMESENCEPHALON SISTEM LIMBIC/SISTEM OPERASI OTAK TENGAHYANG MELIBATKAN BATANG OTAK/ DI DALAMNYA TERDAPAT MESENCEPHALON OTAK NEOCORTEX
PIKIRAN BAWAH SADAR PERANTARA PIKIRAN SADAR DAN PIKIRAN BAWAH SADAR PIKIRAN SADAR
GELOMBANG THETA DAN DELTA GELOMBANG ALFA GELOMBANG GAMMA DAN BETA
EMOSI SISTEM LIMBICEMOSI NEGATIF EMOSI NETRAL EMOSI NEOCORTEXEMOSI POSITIF

Rumus : diulang-ulang di Betha/ pikiran sadar, dilakukan terus di alfa, akan mengendap di theta/ pikiran bawah sadar, muncul kembali oleh pusat kendali otomatis secara otomatis , dan pengaruhnya 9 kali lebih kuat

Kesimpulan :

Fungsi otak tengah/ mesencephalon dalam bidang disiplin ilmu medis  adalah untuk fungsi visual Dalam bidang disiplin ilmu psikologi adalah untuk menghubungkan antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar , atau lebih jelasnya  menjadi pintu gerbang memasuki pikiran bawah sadar, ini bekerja pada gelombang alpha

Mari kita lihat/ perbandingkan, apakah sesuai antara fungsi mesencephalon dari sudut pandang medis dan psikologi?

Fungsi mesencephalon Gelombang Alpha Teori pikiran
Secara Medis Secara Psikologi Secara Psikologi
System limbicPaul Maclean : fungsi emosi
Emosi negative– system limbicEmosi positif – neocortex Emosi netralTetapi Metode Menutup MataMengoperasikan emosi- ke pikiran bawah sadarDi Sistem Limbic-emosi negatif
Fungsi visual: i. BOLA MATA ii. LENSA MATA iii. DIAMETER PUPIL iv. SARAF VISUAL v. GERAK MOTORIK GELOMBANG ALPHA:relaksasi (dalam keadaan sadar)-menghayal-visualisasi-pra tidur-tutup mata tetapi masih sadar-gerbang akses ke pikiran bawah sadar-juga dicapai lewat olah raga
Hasil penelitian international:4 fungsi :penyusunan memorirecalling memoricontrol emosicontrol hormone Mesencephalon/ otak tengah Akses ke pikiran bawah sadar:Batang Otak sebagai Penyimpan memori jangka panjang

2.7 PERUBAHAN PARADIGMA METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ALPHA

Pengetahuan tentang fungsi otak, kini berkembang dari hanya

memanfaatkan fungsi otak kiri dan otak kanan, kini manusia mengerti fungsi midbrain/ otak tengah/ mesencephalon sebagai pintu gerbang memasuki pikiran bawah sadar yang 9 kali lebih kuat dari pada pikiran sadar.

Kuncinya adalah: belajar juga dapat dilakukan pada saat gelombang otak dominan  alpha/ : menjelang tidur, relaksasi (dalam keadaan sadar), menghayal, visualisasi, tutup mata tetapi masih sadar.

Karena pada saat itulah diproduksi Zat Beta- Endhorphin, yang dapat menambah daya ingat, dll. Sehingga dapat mengendap di pikiran bawah sadar/ theta/ 9 kali lebih dahsyat.

Tergantung sekarang bagaimana caranya memasuki pikiran bawah sadar? Hanya ada dua cara:

  • Cara dunia : memakai gelombang alpha sebagai pra hypnotis dan Terapi Gelombang Otak (TGO)
  • Cara Alkitab : memakai keseimbangan gelombang beta dan alpha untuk Jenius Cara Alkitab

Dalam hal ini Gelombang Alpha adalah netral, tetapi hypnotis dan terapi gelombang otak jelas sudah tidak netral lagi (hal ini akan dibahas lebih lanjut di sesi Kajian Ilmu Okultisme/ Ilmu Hitam)

2.8 Ritual Memasuki Pikiran Bawah Sadar

Berikut ini adalah cara yang dipakai dunia untuk memasuki pikiran bawah sadar ; dimana  seseorang harus dibawa masuk, dari kondisi awal pikiran sadar/ betha, menuju pikiran bawah sadar/ theta, melalui pikiran setengah sadar/ netral/alpha

Dari pengetahuan hal tersebut di atas, maka bisa kita telusuri kembali apa yang terjadi dengan anak-anak:

Untuk menolong anak-anak masuk ke pikiran bawah sadar, dilakukan ritual sbb :

  • Membawa anak-anak masuk dalam gelombang alpha (gelombang alpha =netral) yang adalah pintu gerbang/akses masuk ke pikiran bawah sadar (sampai di sini, masih positif, anak-anak diajak bernyanyi, bermain, makan, minum, nonton film yang lucu (inikah yang dinamakan dengan peralatan canggih? ) , senam otak (catatan : senam otak hanya sebagai asesoris acara) , dll. Dalam hal ini gelombang alpha dipakai sebagai pra hypnotis). Dalam sesi ini jelas siapa pun termasuk orang tua murid boleh menemani anak-anak. Bahkan dalam gelombang alpha orang tua pun akan merasa senang/relaks.
  • Setelah gelombang alpha terbuka, anak-anak telah siap masuk dalam sesi hypnotis audio
  • Mengapa harus dihypnotis dulu? Sebagai perbandingan: orang penderita kepribadian ganda di terapi ECT electroconvulsive teraphy dengan cara dibius terlebih dahulu.
  • Tanpa hypnotis ,  TGO tidak akan efektif hasilnya

1.      Sebagai pembanding; Dalam dunia kedokteran dipakai terapi ECT electroconvulsive teraphy untuk terapi korban perang, dan terapi bagi pasien penderita kepribadian ganda.

2.      Sebelum di ECT, pasien harus dibius terlebih dahulu, untuk mengurangi rasa nyeri dan rasa takut.

  • Di sinilah pertama kali anak-anak dibawa dalam satu pengalaman : mata ditutup dengan kain, dan berada di ruangan dengan kegelapan total.
  • Mengapa mata harus ditutup dengan kain? Jika anak-anak membuka mata, proses hipnotis akan gagal, perhatian mereka gampang teralih. Pada saat mata di tutup, anak-anak akan lebih mudah dibawa masuk ke pikiran bawah sadar. Sama seperti orang dewasa yang dihypnotis diminta menutup mata, dan tarik nafas panjang, kalau anak-anak ? Mereka punya rasa ingin tahu yang besar, saat mata tidak ditutup dengan kain, tentu saja mereka akan ‘mengintip’, kalau itu terjadi gagallah proses hypnotis,

kalau hypnotis gagal, TGO pun tak kan berhasil.

Jika hypnotis tidak berhasil, maka pada saat di TGO dengan suara yang sangat keras, dengan mudah anak-anak akan kembali ‘terbangun’

  • Dalam proses ini, jelas anak-anak diminta berkonsetrasi mengikuti proses hypnotis, sehingga kehadiran orang tua akan sangat mengganggu jalannya ritual. Biasanya sampai tahap ini, orang tua dimohon  keluar dari ruangan.
  • Memasukkan dewa matahari ke dalam otak mereka. Hypnotis masuk = ‘mata lain’ / mata iblis masuk/ mata ilah jaman masuk/ dewa matahari. (II Kor 4:4, II Raj 21:3)
  • Anak-anak kini telah dengan mudah masuk ke pikiran bawah sadar/ gelombang theta, bahkan delta, karna anak-anak sebelum akil balik belum mengenal gelombang betha. Bagi yang sudah akil balik cara ini pasti tidak berhasil.
  • Setelah anak-anak masuk di gelombang theta bahkan delta, anak-anak kini telah diperdaya dengan diputarkannya TGO dengan suara yang sangat keras sekali. (inikah yang dinamakan peralatan canggih?)
  • TGO berfungsi untuk menggetarkan batang otak anak-anak. Memang bisa membuat anak lebih licik, tetapi kembali ke emosi binatang. (dominasi otak tengah/ dominasi sistem limbic, kembali ke otak reptile, emosi negatif)
  • Kini setelah sampai di rumah, setiap hari mereka harus menutup matanya untuk berlatih
  • Tutup mata dengan kain = masuk ke pikiran bawah sadar / menggunakan fungsi visual yang mengarah ke pikiran bawah sadar, menggunakan intuisi dan ‘mata lain’

Kini terjawab sudah, bahwa otak tengah menjadi pintu gerbang anak-anak masuk ke pikiran bawah sadar, untuk itulah mata anak-anak harus ditutup dengan kain.

Setelah sampai di rumah Intuisi bawah sadar terus dilatih, sampai anak-anak memiliki ESP/ Indra ke 6 (akan dibahas lebih lanjut di sesi Kajian Ilmu Okultisme/ Ilmu Hitam). Setelah sampai di rumah, memang senam otak tidak diperlukan lagi, karna sebagai asesoris acara pembodohan generasi, senam otak tidak ditekankan untuk dilatih di rumah. Dalam pelatihan di rumah, para orang tua tidak diijinkan marah-marah, yang diperbolehkan adalah mengajak anak-anak bergembira dan bersenang-senang, mengapa? Karna untuk berlatih memasuki pikiran bawah sadar, anak-anak harus dikondisikan gelombang alpha dahulu, pada saat orang tua mengajak anak bergembira, kondisi gelombang alpha/relaksasi telah terjadi, tidak boleh ada ketegangan sama sekali. Karena gelombang alpha adalah pintu gerbang menuju pikiran bawah sadar, setelah kondisi gelombang alpha terjadi, dengan mudah anak-anak berlatih memasuki pikiran bawah sadar.

Fungsi Visual dari Mesencephalon kini beralih ke ‘dunia lain’, yaitu dunia roh. Ini berlaku baik di pedukunan maupun di dalam urapan Roh Kudus, karunia pengelihatan (selanjutnya akan di bahas di Sesi kajian Teologi)

2.9 KAJIAN MEDIS

MENGENAI SKIN VISION

Kebohongan Publik (6)

”Anak-anak yang telah diktivasi otak tengahnya dapat membaca melalui indra perabaan”. Hal ini sama sekali tidak mungkin !!

Cara kerja otak manusia adalah :

  • otak menerima input/masukan dari panca indra,
  • yaitu mata memberi informasi ke otak melalui pengelihatan,
  • telinga memberi informasi melalui pendengaran,
  • dan kulit memberi informasi ke otak melalui perabaan,
  • serta hidung memberi informasi ke otak melalui penciuman
  • dan lidah memberi informasi ke otak melalui pengecapan.

Jika otak manusia rusak, tentu saja, walaupun punya mata, tetap saja, manusia tidak dapat melihat. Jadi yang membaca masukan dari luar tetaplah otak.

Namun orang yang matanya rusak/buta, tetap saja otaknya dapat menerima masukan/input melalui indra lainnya yang masih normal.

Contoh ; Orang buta : tetap dapat mengenali nilai nominal uang, karna dia menggunakan indra peraba, demikian juga pada pijat tunanetra, si orang tunanetra itu mengenali anatomi dari indra perabaan. Orang buta dapat berjalan tanpa menabrak tembok di rumahnya, karna ia menggunakan indra pendengaran, untuk mendeteksi seberapa jarak suara dengan pantulan dinding. Orang buta juga dapat mengerti sebuah makanan basi atau tidak, dengan cara menggunakan indra penciumannya, namun demikian:

Dalam dunia medis, Orang Buta tidak mungkin dapat membaca KTP/Surat kabar, kecuali sudah diluncurkan KTP/ surat kabar  dengan huruf Braille, APALAGI membaca kartu dari balik tembok. Hal-hal seperti sangat menggelikan di telinga para dokter.

Hal ini jelas tidak dapat disamakan dengan ikan yang dapat menangkap mangsanya saat berenang dalam kegelapan. Dalam gelap ikan jelas menggunakan naluri kebinatangannya dapat menangkap mangsanya sekalipun dalam kegelapan, namun ikan jelas tidak dapat mengetahui apakah warna mangsanya itu hijau atau kuning, walaupun pada dasarnya ikan tersebut dalam keadaan terang dapat membedakan warna,  sama seperti orang buta dapat merasakan tebal tipisnya sebuah buku, dengan merabanya, tetapi tetap tidak bisa membaca tulisannya, kecuali buku itu  bertuliskan huruf Braille.

Hal ini hanya dimungkinkan apabila seseorang menggunakan ‘mata lain’ yaitu : Mata rohani dari Tuhan atau Mata rohani dari Iblis. Namun ini bukanlah termasuk dalam sesi kajian ilmu medis, melainkan nanti akan kita bahas di sesi kajian ilmu okultisme dan kajian ilmu theology. ( dan semua ada ayat pendukungnya)

Dalam Blind reading, bagian tubuh mana yg mengeluarkan gelombang? Dan bagian tubuh mana yang menangkapnya kembali? Apa referensi ilmiah yg menunjukkan organ tersebut bisa mengeluarkan gelombang?

Midbrain jelas2 tidak memiliki fungsi memancarkan gelombang. Lalu organ mana dari otak yg memancarkan gelombang?

Pernyataan yang dikeluarkan lembaga otak tengah cara dunia adalah sbb: gelombang otak yang telah teraktivasi adalah gelombang Alfa otak.

Tidak ada korelasi antara aktivasi otak tengah dengan gelombang otak alfa yang muncul, karena tanpa aktivasi, gelombang ini juga bisa muncul. Tidak ada bukti bahwa aktivasi otak tengah akan memicu gelombang alfa otak. Kecuali para praktisi bisa menunjukkan lewat PET Scan dan MRI, tetapi sampai sekarang, tidak ada korelasi apapun tentang itu.

Apa hubungan antara bisa membaca dengan mata tertutup dengan kejeniusan?

Berikut ini adalah pernyataan dari lembaga otak tengah cara dunia:

munculnya hasil Aktivasi dari otak tengah yang banyak di lihat dengan kemampuan yang lebih jauh dari sebelumnya seperti

  • orang bisa melihat dengan mata tertutup,
  • mencium sesuatu berbentuk zat waran dan sebagainya lebih tajam dari penciuman sebelumnya,
  • membaca pikiran orang lain,
  • mendengar sesuatu yang lebih tajam dari sebelumnya istilahnya enam indrah kehidupan manusia akan jauh lebih baik dan sensitif untuk lebih di rasakan,seperti halnya banyak yang dilihat dengan kondisi Aktivasi otak tengah bagi yang sudah di aktifasi otak tengah maka kondisi orang itu atau seorang anak akan munucl yang berbeda dengan yang lainnya seperti
  • bisa naik sepeda dengan kedua mata tertutup dengan kain,
  • berjalan dengan mata tertutup kain,
  • melihat angka dari kartu permainan dengan mata tertutup kain,
  • dapat mengenal zat waran dengan mata tertutup kain,
  • mengambar dengan mata tertutup kain,
  • membaca dengan mata tertutup kain dan sebagainya,biasanya orang atau anak tersebut lebih genius dari orang yang belum di Aktivasikan otak tengah baik cara pola berpikir dan melakukan semua kegitan sehari-hari, namun semua itu bisa dilakukan apabilah sudah mengAktivasi otak tengah itu.

Apakah kejeniusan anak lulusan lembaga otak tengah cara dunia, sudah dibuktikan dengan hasil test IQ? Bidang pekerjaan apa yang membutuhkan keahlian membaca dengan menutup mata, kecuali SULAP dan bidang pekerjaan apa yang membutuhkan keahlian membaca pikiran orang selain PARANORMAL?

Ketika organ mata ditutup, organ mana yg yg mampu mengenali cahaya?

Berikut pernyataan lembaga otak tengah cara dunia….:

tentunya dengan gelombang dari otak tengah yang di Aktivasikan dan biasanya akan muncul cahaya yang seperti matahari di dalam mata indra keenam dan akan berbentuk seperti TV yang akan muncul seperti mata melihat walaupun kedua mata di tutup oleh kain.

Kenapa lembaga otak tengah cara dunia selalu menganalogikan kemampuan BFR dengan sonar lumba2 selagi mereka jauh berbeda? Lumba2 mengeluarkan suara dan mendengar pantulannya. Sedangkan BFR daari lembaga otak tengah cara dunia sama sekali tidak mengeluarkan suara dan mendengarkan pantulannya?

Bagaimana BFR mengenali huruf dan menyamakannya pada echolocation kelelawar/lumba2 sementara echolocation bahkan tidak bisa membedakan warna?

2.10 Pengaruh Terapi Gelombang Otak bagi Organ Telinga

Kebohongan Publik (7)

Promosi yang diluncurkan : TANPA EFEK SAMPING

Hal ini jelas tidak mungkin.

Apa pengaruh Terapi Gelombang Otak dengan suara yang sangat keras tersebut bagi kesehatan telinga?

Membran telinga/ gendang telinga anak-anak akan mengalami gangguan yang cukup berarti. Apalagi apabila aktivitas tersebut diulang-ulang berkali-kali.

TGO diwaspadai dapat merusak indra pendengaran

Dalam buku EFFEK MOZART, diceritakan kisah nyata :Di arena balapan truk-tuk monster, dengan roda-roda traktor raksasa, mesinnya digerung-gerungkan. Terdengar bunyi frekuensi rendah dan keras serta menyeramkan, anak-anak menangis, berteriak serta menutup telinganya. Mungkin tingkat volumenya di atas 120 desibel. Telinga anak-anak terluka secara harafiah, gendang telinga anak-anak mengalami gangguan yang cukup serius.

Masih di buku yang sama : hasil penelitian di sebuah sekolah di New York: Di sebuah SD, dalam kurun waktu 4 tahun, kelas yang berhadapan dengan jalur kereta api, murid-muridnya 11 bulan terbelakang dari murid-murid di kelas normal, dan setelah kelas dipindah prestasi anak-anak kembali normal

2.11 Pengaruh Metode Menutup Mata / Blind Fold Method bagi Organ Mata

Pernyataan cara dunia :  “dengan kegelapan total, anak-anak dapat berkonsentrasi dengan lebih baik”.

Berkonsentrasi seharusnya adalah dominant gelombang beta yang bekerja di otak kanan dan kiri. Gelombang Beta bekerja di otak berpikir/neokortex mendapat masukan dari panca indra. Gelombang alpha tidak mengenal istilah konsentrasi, tentu saja yang dimaksud berkonsentrasi oleh lembaga pengaktifan otak tengah cara dunia di sini adalah : semakin berkonsentrasi memasuki pikiran bawah sadar .

Menurut dunia Medis, apabila mata sering ditutup dengan kain, dan itu dilatih terus secara rutin setiap hari, jelas akan mengurangi /mengganggu mata sebagai indra pengelihatan.

2.12 PENGARUH KELICIKAN CARA DUNIA BAGI KEJIWAAN ANAK:

Semua peristiwa di bawah ini menjadi titik traumatic bagi anak:

  • Anak-anak tidak berdaya, ada dalam kendali orang tua. Hal ini dipicu oleh ambisi orang tua yang berakibat pemaksaan terhadap anak.
  • Anak-anak dipisahkan dari orang tua dalam waktu yang tidak sebentar
  • Anak-anak dipisahkan dari masa indahnya di sekolah minggu, berjumpa dengan Tuhan
  • Anak-anak di taruh di sebuah ruangan yang lampunya digelapkan
  • Anak-anak ditutup matanya
  • Anak-anak mendengar suara yang sangat keras, mereka ketakutan dan cemas
  • Proses ini terus menerus diulang-ulang dengan proses yang sama
  • Diforsir dalam beberapa hari
  • Bagi anak yang gagal, akan mengalami tekanan dari orang tua yang telah mengeluarkan uang yang ‘lumayan’
  • Dalam keseharian di rumah, anak-anak dipaksa berlatih, lagi-lagi bertemu dengan kegelapan
  • Anak-anak dipaksa berlatih, hasil ulangan mereka dipantau dengan ketat, mereka dipaksa membuktikan kegeniusan mereka
  • Padahal kemampuan mereka hanya sebatas ‘cerdik’ cenderung ‘licik’
  • Anak-anak tertekan.
  • Bagi anak-anak yang berhasil, ada kebanggaan semu, kecenderungan untuk malas belajar karna pada kemampuan ESP, sudah tidak membutuhkan belajar lagi.

Kesimpulan  Kajian Ilmu Kedokteran

1.      Tuhan menciptakan otak kita begitu dahsyat.

2.      Otak manusia terdiri dari beberapa bagian

3.      Mesencephalon bukan penghubung bahkan penyeimbang otak kanan dan kiri, Mesencephalon adalah penghubung otak depan/otak besar dengan otak belakang di mana anatomi mesencephalon adalah menyatu dengan batang otak dan berada pada system limbic. Penghubung otak kanan dan kiri disebut Corpus Callosum

4.      Fungsi Mesencephalon adalah sebagai fungsi visual, memori, emosi dan hormone

5.      Secara kedokteran tidak mungkin bisa membaca KTP dengan mata tertutup, hal ini dimungkinkan dengan ‘mata lain’

6.      Terapi Gelombang Otak, akan mengganggu kesehatan gendang telinga

7.      Latihan menutup mata dengan kain yang rutin setiap hari, jelas akan mengganggu organ mata sebagai indra pengelihatan.

Kesimpulan Kajian Ilmu Psikologi

  1. Fungsi otak tengah/mesencephalon di dunia psikologi adalah: menjadi perantara antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar
  2. Pikiran sadar —-Otak mamalia baru. Neocortex
  3. Pikiran bawah sadar——–Otak Reptil/ batang otak
  4. Perantara pikiran sadar dan bawah sadar : Mesencephalon yang ada di antara otak depan dan otak belakang
  5. Pada dasarnya gelombang alpha adalah netral, bisa menjadi emosi positif, bisa juga menjadi emosi negative
  6. Sisi positif penambahan gelombang alpha adalah 28 manfaat bagi kesehatan mental seseorang, yang juga dapat diraih melalui olah raga dan meditasi ( dan dapat diraih melalui cara lain yang akan kita bahas di sesi kajian Theologi )
  7. Otak tengah kita tidak tidur, setiap hari kita menggunakan otak tengah, jangan menghina TUHAN, bertobatlah !!
  8. Sisi negative dominasi otak tengah adalah : emosi negative
  9. Contoh gelombang alpha, emosi negative, pada orang mabuk, Contoh gelombang alpha , emosi positif, adalah pada orang yang berolah raga.
  10. Penggunaan Otak berpikir/neo corteks dalam beremosi akan menghasilkan emosi positif
  11. Gamma dan Beta mewakili pikiran sadar bekerja di Neocortex
  12. Alpha menghubungkan pikiran sadar dan bawah sadar bekerja di sistem limbic/ termasuk mesencephalon
  13. Theta dan Delta mewakili pikiran bawah sadar, bekerja di batang otak / termasuk mesencephalon
  14. Krosscheck antara fungsi gelombang alpha di disiplin ilmu psikologi cocok dengan fungsi mesencephalon di disiplin ilmu kedokteran
  15. Ada perubahan paradigma belajar
  16. Dari semua hal ini , kita jadi mengerti sekarang, jawaban dari pertanyaan ‘mengapa untuk mengaktifkan fungsi visual justru mata ditutup dengan kain ?’ Jawaban dari pertanyaan ini adalah: BFM adalah cara untuk :
    • Konsentrasi memasuki pikiran bawah sadar saat dihypnotis
    • Syarat menutup mata bagi proses hypnotis, memasuki pikiran bawah sadar
    • Mengaktifkan fungsi visual sebagai ’mata lain’
  17. Pengaruh Cerdik cara dunia bagi kejiwaan anak, adalah dapat menggoreskan multi point/ banyak titik traumatic bagi anak.

Comments on: "SESI I KAJIAN ILMU MEDIS DAN PSIKOLOGIS" (4)

  1. ada postifi pasti ada negatif itulah kehidupan, pembahasan diatas bisa benar juga bisa salah krn semua perlu pembuktian, pertempuran wacana itu memang keahlian manusia di zaman sekarang tanpa mereka yg berkompeten menawarkan solusi, kajian diatas hanya berbicara ini baik dan itu buruk, artinya si penulis hanya memaparkan secara sepihak kebenaran pemikirannya, pesan sy coba bikin sebuah riset yang benar2 detail bukan saduran, karena semua yg ada didunia ini adalah sesuatu dari hasil berfikir manusia, sy tidak pro otak tengah dan pro penulis, tetapi jangan sampai penulis menimbulkan kebingungan, krn tulisan2 yang membingungkan juga merusak otak manusia……… (saya ibaratkan ada manusia menciptakan mobil dan sudah berapa nyawa melayang karena mobil…. jawabannya adalah hati2 dalam mengemudikan mobil smoga dimengerti ) wasalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: