Memaksimalkan Potensi Menjadi Serupa Kristus

Dapatkan buku kesaksian nyata, kisah hidup dan meninggalnya anak saya, Viciel dalam buku ini:

SESI VI

  1. JENIUS WHOLE AND ALL BRAIN CARA ALKITAB

( Untuk lebih memahami sesi ini, silahkan Anda juga memperhatikan BAGAN JCA)

 

7.1 TIGA  Prinsip Jenius Cara Alkitab (yang sangat bertolak belakang dengan cara-cara yang dipakai oleh lembaga otak tengah cara dunia ):

  • Alkitab menggunakan keseimbangan antara otak berpikir (neokortex, otak kanan dan kiri, gelombang gamma dan betha) dengan otak tengah ( midbrain/mesencephalon /gelombang alpha) sehingga mengendap di Theta/delta
  • Alkitab membuat semua proses belajar berjalan secara wajar dan alamiah:
  1. Ada proses, tidak instant
  2. Ada disiplin waktu, waktu berjaga dan waktu beristirahat
  3. Ada disiplin fungsi, fungsi pikiran bawah sadar dan fungsi 5 macam indra
    • Alkitab bekerja dengan cara tidak dikondisikan/tidak dipaksakan/ ada dalam wajar, karena berlangsung dalam keseharian.

 

7.1.2.1.Ayat pendukung keseimbangan Betha dan Alpha, adalah:

Mazmur 139:1-4 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.

Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.

Tuhan itu memaklumi. Pada saat kita sadar /beta, buka mata, pada saat kita tidur/ alpha dan theta, ya  tutup mata. Tuhan memaklumi hidup kita dan semua aktifitas kita.

Semua yang tersimpan di pikiran bawah sadar kita ( sebelum kita mengeluarkan perkataan) Tuhan juga sudah bisa mendeteksi semuanya.

Berbeda dengan iblis yang sering membolak-balik schedule. Saat orang berjaga, diminta tutup mata, dihypnotis, masuk ke pikiran bawah sadar,  saat orang tidur, dalam gelombang delta yang sangat dalam, justru diminta jalan-jalan roh nya.

 

7.2. EMPAT Keunggulan Jenius Cara Alkitab :

  • Ada saatnya beta/ pikiran sadar, ada saatnya theta/delta/pikiran bawah sadar digunakan sesuai dengan Firman Tuhan. Jam sadar tidak dirampas,
  • Sehingga otak berpikir tetap normal, tidak mengalami kelumpuhan
  • ada kecerdasan emosi, karna ada keseimbangan pemakaian otak berpikir/neokortex/ gelombang beta dan sistem operasi otak tengah/ sistem limbic/ gelombang alpha
  • 5 indra dipakai dan normal, indra tetap peka

 

7.3.      Bagaimana caranya memaksimalkan gelombang Betha dan   Alpha?

Dengan cara menggunakan Firman Tuhan yang terus menerus diulang-ulang dalam keseharian hidup kita.

 

Mengapa harus Firman Tuhan? Bukankah kita perlu mengulang-ulang terus, rumus fisika, matematika, dll?

Benar, kita memang harus belajar mengulang-ulang rumus-rumus ilmu pengetahuan, akan tetapi saat kita mengulang-ulang terus Firman Tuhan dalam hidup kita, rumus-rumus matematika dan Fisika dan semua bidang ilmu lain yang akan kita geluti, tidaklah menjadi soal yang terlalu rumit bagi kita

Karna dengan mengulang-ulang terus Firman Tuhan dalam keseharian hidup kita, kita memiliki hikmat, pengetahuan dan kepandaian yang langsung didapat dari mulut TUHAN sendiri.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Apa yang ada di mutut Tuhan ? Di mulut Tuhan tersimpan yang namanya LOGOS/ Firman. Saat kita memperkatakan Firman Tuhan, sama saja pada saat itu kita sedang mendapatkan hikmat, pengetahuan dan kepandaian dari Tuhan.

Logos tidak hanya berarti “Firman Tuhan” tetapi juga berarti “pengetahuan-Nya Tuhan” dan “kecerdasan-Nya Tuhan”.

Tetapi hal ini tidak berarti kita jadi malas dan tidak perlu belajar, tidak !! Akan tetapi kecerdasan Tuhan yang ikut masuk dalam satu paket, saat kita mengulang-ulang terus menerus Firman Tuhan dalam hidup kita itulah yang akan memampukan kita dengan mudah menyerap pelajaran, punya daya ingat yang tajam, daya nalar yang kuat, dan juga segudang kemampuan lain yang kita butuhkan untuk belajar.

 

KECERDASAN JIWA SECARA UTUH,

EMOSI, PIKIRAN DAN KEHENDAK

Amsal 2: 6

Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat (EQ, kecerdasan emosi, area jiwa EMOSI),

dari mulut-Nyalah datang pengetahuan (IQ, kecerdasan area jiwa PIKIRAN) dan kepandaian (SQ, kecerdasan spiritual, area jiwa KEHENDAK- orang yang cerdas secara rohani, memiliki karakter yang baik, karakter berbicara mengenai area Kehendak)

 

  • Memaksimalkan Beta dan Alpha menurut Ulangan 6: 5-9

 

  • Mengajarkan (gamma, beta) Firman Tuhan berulang-ulang ( sesuatu yang diulang-ulang terus di Betha dan Alpha akan mengendap di pikiran sadar / theta)
  • Membicarakannya (alpha) Pada saat duduk/ beta /alpha (mis: sharing nilai-nilai Firman Tuhan saat makan bersama),
  • dan dalam perjalanan/betha/ alpha (aplikasikan Firman Tuhan dalam memandang kehidupan di luar rumah),
  • membicarakannya ( beta, alpha) pada saat berbaring/ alpha (mis: ceritakan cerita Alkitab, sharingkan mujijat Tuhan),
  • bangun ( alpha) : bangun termasuk gelombang Alpha karena masih peralihan dari tidur ke sadar ( mis: ajak menyembah Tuhan, mezbah keluarga)
  • Maka setelah diulangulang terus di Betha dan Alpha, itu semua akan mengendap di Theta/ pikiran bawah sadar,
  • mengikatkannya ( theta, delta) pada tangan

Sehingga akan mempengaruhi———-tangan/ tingkah laku,

  • mengikatkannya, (theta dan delta) dahi mempengaruhi cara berpikir,
  • menuliskannya (theta/ delta ) pada tiang pintu rumah/ mempengaruhi pergaulan saat di luar rumah,
  • menuliskannya  ( theta dan delta) di Pintu gerbang/ bahkan sampai ia terpisah dari kita pun (karna kost di luar kota/ karena menikah)  Firman Tuhan akan tetap melekat dan jadi filter Maz 119:9

 

Dengan cara pengulangan, yang terus menerus di Betha dan Alpha,  Firman Tuhan akan mengendap di pikiran bawah sadar Theta dan Delta.

 

7.4. KOMBINASI DAHSYAT

 

RUMUS KOMBINASI DAHSYAT (Yos 1: 8, Maz 1: 3)

F.T.B + F.T. A = F. T  T / D

  1. T T/D = 9 X F. T . B
  2. T T/D = PASTI BERUNTUNG DAN PASTI BERHASIL

F.T T/D  = KEMUNGKINAN GAGALNYA 0 %

 

ROMA 9:6 Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal.

FIRMAN TUHAN TIDAK MUNGKIN GAGAL, ATAU KEMUNGKINAN GAGALNYA 0 %

 

Di dalam istilah ‘pasti berhasil dan beruntung’ pastilah mencakup di dalamnya Jenius. Jenius hanyalah salah satu hasil dari rumus kombinasi dahsyat ini. Jadi dapat kita simpulkan Jenius Cara Alkitab manfaatnya dapat dialami oleh semua golongan umur, tidak hanya anak-anak (5-15 ) tahun saja, seperti yang dibataskan oleh lembaga otak tengah cara dunia. Kakek nenek tidak akan pikun dan akan tetap sehat apabila menjalankan kombinasi dahsyat ini.

 

Penjelasan rumus:

Kombinasi Dahsyat: Firman Tuhan diulang-ulang di gelombang Betha/ sadar + gelombang Alpha/pintu gerbang ke pikiran bawah sadar  = mengendap di gelombang Theta/Delta/ pikiran bawah sadar. Gelombang Theta = pusat kendali otomatis, 9 X lebih kuat daripada pikiran sadar berisi Firman Tuhan. Firman Tuhan tidak pernah gagal (Roma 9:6), jadi hasilnya? PASTI BERHASIL/ BERUNTUNG

 

Maz 1:2-3

…. tetapi yang kesukaannya  ( ALPHA) ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan ( ALPHA)  Taurat itu siang (BETA DAN ALPHA) dan malam (ALPHA DAN THETA/DELTA)

Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

 

Yos1:7-8

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati  ( GAMMA) sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri (GAMMA/BETHA) , supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.

Janganlah engkau lupa memperkatakan (BETA)  kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah ( ALPHA)  itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati ( GAMMA/ BETHA ) sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Kesimpulan : berdasarkan ,Ulangan 6: 5-9, Yos1:7-8, Maz 1:2-3, Tuhan memerintahkan kita untuk mengulang-ulang terus Firman Tuhan dalam kehidupan kita dengan cara:

  • Mengajarkannya (gamma, beta)
  • Membicarakannya (alpha)
  • menyukainya (alpha)
  • merenungkannya ( alpha)
  • melakukannya dengan hati-hati (gamma/betha)
  • melakukannya dengan teliti (tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan (gamma)
  • memperkatakannya (betha)
  • merenungkannya ( alpha)
  • mengikatkannya ( theta, delta)
  • menuliskannya  (theta/ delta )

 

7.5.1. Contoh kehidupan nyata dari seseorang Jenius dengan

 Cara Alkitab:

Isaac Newton, dia adalah tokoh paling berpengaruh di seluruh dunia , orang ke 2 dari seratus tokoh , menurut versi Michael H  1979

Isaac Newton dikenal sebagai salah seorang ilmuwan terbesar sepanjang masa. Sumbangannya banyak dan beragam, termasuk gagasan-gagasan revolusioner dan perekayasaan hal-hal praktis. Karyanya tentang fisika, matematika, dan astronomi tetap penting sampai sekarang. Ia terkenal karena sumbangannya ini.

Yang tidak begitu diketahui orang adalah imannya yang sangat teguh kepada Allah dan keyakinannya bahwa penelitian ilmiah membawa orang kepada pengenalan yang lebih dalam tentang Allah, Pencipta jagat raya ini.

Dia sering mengunjungi ibunya dan dengan lahap membaca buku-buku dari perpustakaan ayah tirinya, selain membaca Alkitab secara teratur.

Semua guru dan teman Newton sangat mengagumi pengetahuan Isaac Neoton tentang Alkitab. Pengetahuan Isaac tentang Alkitab tetap mengesankan orang-orang di sekitarnya.

Tidak diragukan lagi, Isaac Newton adalah salah seorang ilmuwan terbesar. Namun, Newton tetap rendah hati. Dia mengakui bahwa keberhasilannya itu semata-mata karena Tuhan. Katanya, “Semua temuan saya adalah jawaban atas doa saya.” (3)

Newton mengasihi Allah dan memercayai firman Allah. Dia menulis, “Saya sangat percaya bahwa Alkitab adalah firman Allah, yang ditulis oleh orang-orang yang memperoleh wahyu. Saya mempelajari Alkitab setiap hari.” (4) Dia juga menulis, “Ateisme sangat tidak masuk akal. Ketika saya mengamati tata surya, saya melihat bumi berada pada jarak yang ideal dari matahari sehingga menerima panas dan cahaya dalam jumlah yang ideal pula. Ini tidak mungkin terjadi secara kebetulan.” (5)

 

Hal ini membuktikan pada kita bahwa : Karena Firman Tuhan masuk dalam pikiran bawah sadar, kecerdasan dan pikiran dari Tuhan ikut masuk dalam satu paket, maka mempelajari ilmu apa pun juga, misal ilmu fisika, astronomi, dll (bahkan bukan hanya ahli dalam satu bidang) bukan hal yang menyulitkan sama sekali. Hal itulah yang terjadi pada Isaac Newton

 

7.5.2. Contoh di Alkitab :

  1. Salomo sang Raja berHIKMAT
  • kehidupan Daud yang mendidik Salomo/ sang Putra Mahkota sejak kecil berulang-ulang tentang pentingnya memiliki Hikmat ( Amsal 4: 1-13), terus diulang di Betha, sehingga mengendap di Theta. Suatu saat ketika Tuhan menjumpai Salomo di pikiran bawah sadar/ Theta/ mimpi, Salomo spontan meminta Hikmat. Akhirnya Salomo berhasil di pikiran sadar menikmati jawaban doa/ hikmat plus bonus-bonus lainnya.

 

  1. Kehidupan Yesus, selalu mengulang-ulang Kehendak Bapa, Kehendak Bapa, dst:
  • Aku harus berada di rumah Bapa (Luk 2: 49)
  • Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan-Nya (Yoh 4:34)
  • apa yang Kulihat dan Kudengar dari Bapa itulah yang Kuberitakan (Yoh 8:38, Yoh 15:15)
  • Siapakah saudaraKu dan ibuKu, ialah mereka yang melakukan kehendak BapaKu ( Mat 12:50)
  • Siapakah yang bisa masuk kerajaan Sorga? Mereka yang melakukan kehendak Bapaku ( Mat 7: 21)
  • Apa itu kehendak Bapa bagi hidup YESUS ? Karya keselamatan dan Karya Kebangkitan (Yoh 6: 40)

pada saat di Getsemani, terjadi pertentangan antara pikiran sadar “jika sekiranya mungkin, biarlahcawan ini lalu daripada Ku” pikiran bawah sadar berkata “ Biarlah Kehendak-Mu yang jadi. Pikiran bawah sadar, menang, Yesus berhasil menggenapkan kehendak Bapa dalam hidup-Nya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.6. Bagian otak manusia dan Jenius Cara Alkitab:

 

BAGAN JENIUS ALL BRAIN CARA ALKITAB

 

 

Otak Berpikir/ Neocortex, Otak kanan dan Otak Kiri

Fil 2:1- 11, Filipi 4; 8

KECERDASAN NEOKORTEX ADALAH INVESTASI MASA DEPAN

 

 

Mengisi otak berpikir dengan  Pikiran Positif

Diisi Firman Tuhan

Diisi Pikiran Kristus, bergaul dengan Kristus setiap hari

Mendapat input dari Roh Kudus dan mentaati-Nya, untuk menghasilkan emosi positif.

 

Sistem Limbic

Yak 1: 9, Buah-buah Roh, Galatia 5: 22

KECERDASAN EMOSI ADALAH INVESTASI MASA DEPAN

 

Menambah jam ibadah (baik pribadi maupun kelompok) untuk memaksimalkan gelombang alpha

Miliki emosi positif dengan cara: indra sangat peka, tetapi respon emosi memilih jalur lambat / jalur neocortex

Bergaul dengan Roh Kudus setiap hari, taat pada pimpinan Roh Kudus

Miliki perasaan Yesus

 

Batang Otak/ Otak reptile

Doa Bapa Kami

KARAKTER SERUPA KRISTUS ADALAH INVESTASI MASA DEPAN

 

Memulihkan trauma masa lalu

Bergaul dengan Bapa sorgawi setiap hari

Meningkatkan kapasitas iman

Meningkatkan jam doa pribadi

Mengisi pikiran bawah sadar dengan Firman Tuhan sampai terbentuk karakter serupa Kristus (KOMBINASI DAHSYAT).

 

  • Otak Kanan dan Otak Kiri:
      • Diisi Pikiran Positif
      • Diisi Firman Tuhan/ Pikiran Kristus
      • Mendapat masukan dari Roh Kudus

 

  • Otak kanan dan kiri/ betha, diisi pikiran positif (Fil 4:8), mengubah jalur sarafi, bukan ke batang otak tetapi ke otak berpikir.

 

  • Delapan Cara Berpikir Positif ( Fil 4: 8)
    • Berpikir benar, dalam segala hal
    • Berpikir mulia, dalam segala hal
    • Berpikir adil, dalam segala hal
    • Berpikir suci, dalam segala hal
    • Berpikir manis, dalam segala hal
    • Memikirkan semua yang sedap didengar,
    • Memikirkan semua yang disebut kebajikan
    • Memikirkan semua yang patut dipuji.

 

7.6.3.Otak kanan dan kiri / behta diisi pikiran Kristus (Fil 2) :

  • Melepaskan hak ( berlaku untuk Yesus), menanggalkan ego (berlaku untuk kita).
  • Mental Kerajaan Surga / mental raja tetapi ber-Hati hamba
  • Pikiran TAAT

Amsal 22; 4 menulis bahwa “ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah: kekayaan, kehormatan dan kehidupan. 3 tingkatan ganjaran ini ada di 3 tingkatan kejeniusan.

Yang dimaksud rendah hati di sini adalah pikiran dan perasaan Kristus yang meliputi : hati hamba dan hati taat dalam Filipi 2

 

7.6.4 Miliki pikiran Kristus dengan cara bergaul dengan Kristus setiap hari

  • Yoh 1: 1, 14 Bergaul dengan Firman Tuhan setiap hari sama dengan bergaul dengan Kristus.

 

  • Mendapat input/masukan dari Roh Kudus, sebagai pengendali emosi, yang mengubah jalur sarafi bukan ke system limbic melainkan bekerja sama dengan Neocortex untuk menghasilkan emosi positif
    • Kis 15:28, Kis 16:6 Roh Kudus memberi masukan dalam mengambil keputusan
    • Markus 13:11, Roh Kudus membimbing tentang apa yang harus dikatakan
    • Yohanes 14:26, Roh Kudus akan mengajarkan dan mengingatkan tentang Firman Tuhan
    • II Tim 1: 13-14 Roh Kudus membantu kita memelihara setiap ajaran Firman Tuhan sebagai harta yang indah
    • Yohanes 16:8 Roh Kudus membantu kita untuk introspeksi diri

 

  • Sistem Limbic
    • Semua unsur ibadah dan penyembahan kristiani yang ada di alkitab, ternyata adalah dominant gelombang alpha, oleh karna itu kita harus perbanyak jam-jam ibadah, jangan menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah. Pantang bagi kita meninggalkan jam-jam ibadah hanya untuk mengikuti program licik cara dunia.
    • Miliki emosi positif dengan mengubah jalur sarafi ke otak berpikir (Yak 1: 19)
    • Bergaul dengan Roh Kudus setiap hari :
  • Penuh dengan Roh Kudus (Ef 5: 18)
  • Hidup dibawah pimpinan Roh Kudus
  • Taat pada Roh Kudus sehingga punya kendali emosi, (I Kor 6:19)
  • Sehingga memiliki buah Roh (Gal 5: 22-23, 25)
  • Membangun diri sendiri dengan berbahasa Roh setiap hari ( I Kor 14: 4)
    • Punya perasaan Yesus ( Fil 2)
  • Melepaskan hak ( berlaku untuk Yesus), menanggalkan ego (berlaku untuk kita).
  • Mental Kerajaan Surga / mental raja, tetapi ber-Hati hamba
  • Kemauan untuk TAAT

 

 

 

  • Otak Reptil/ Pikiran bawah sadar/ theta/ delta.

Untuk memhami bagian ini, anda saya ajak memahami semua unsur Doa Bapa Kami:

  1. Hubungan dengan Bapa, pergaulan dengan Bapa
  2. Minta kerajaan Tuhan datang (artinya pemerintahan Tuhan datang atas hidup kita)
  3. Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga- bicara tentang hati yang mau TAAT
  4. Makanan- bicara tentang pemeliharaan Bapa, kita tidak perlu kuatir
  5. Pengampunan, kunci kesembuhan dari luka batin dan trauma masa lalu
  6. Lepaskan dari yang jahat- kunci kesembuhan dari ikatan iblis
  7. Engkaulah yang empunya kuasa….membiarkan Tuhan / Bapa berotoritas dalam kehidupan kita

 

  • Memulihkan trauma masa lalu. Trauma masa lalu menghambat kecerdasan
  • Melupakan kej 41: 51
  • Mengampuni Kej 50 : 20
    • Bergaul dengan Bapa Surgawi setiap hari
  • Mat 6: 9, 12 Bergaul dengan Bapa, sehingga dapat kuasa untuk mengampuni orang lain
  • Mrk 11: 25 Rekonsiliasi dengan orang lain sehingga dapat pengampunan dari Bapa
    • Meningkatkan kapasitas iman
  • Doa tiga dimensi, Maz 37: 4, Mrk 11: 24
  • Menyerahkan kekuatiran pada Tuhan (Mat 6: 26, 32 ; 7:11)
    • Meningkatkan jam doa pribadi
  • (Mat 6:1) Pada saat kita hidup dalam gaya hidup doa, kita akan mengalami bukan saja keberhasilan, melainkan juga keberuntungan. Keberuntungan adalah suatu anugrah dari Invisible Hand/ Tangan yang tak terlihat. Apa yang tak pernah didengar/dilihat/tak pernah timbul dalam hati, disediakan oleh Tuhan. Ini menunjukkan bahwa selain janji-janji Tuhan yang sudah tertanam dalam pikiran bawah sadar yang akan digenapi dalam hidup kita, Tuhan juga masih mempunyai cara ‘surprise’.
    • Ketaatan yang mutlak ( Yesus taat pada Bapa, kita taat pada Firman. (Fil 2)
  • Ketaatan yang mutlak hanya bisa didapat dengan cara mengisi pikiran bawah sadar dengan Firman Tuhan yang terus menerus diulang-ulang di gelombang Betha maupun alpha, sehingga mengendap di Theta bahkan di Delta. (sama seperti Yesus mengisi pikiran bawah sadarnya dengan kerinduan yang besar untuk melakukan kehendak BAPA)
  • Hal ini menghasilkan ketaatan pada Firman Tuhan yang dapat membentuk karakter kita menjadi serupa dengan Kritus. Memiliki ketaatan pada didikan Tuhan.

 

7.9 Rangkuman : Mau anak-anak jenius?

  • Pakai kombinasi dahsyat!!. Betha dan theta diisi Firman Tuhan sehingga mengendap di theta/delta
  • Otak berpikir diisi pikiran positif, dengan cara memberi diri dipimpin Roh Kudus
  • Pikiran positif menghasilkan emosi positif
  • Miliki pikiran dan Perasaan Kristus:
    1. Hati hamba
    2. Hati taat
  • Dengan cara bergaul setiap hari dengan Kristus
  • Pakai otak tengah/gelombang alpha dengan cara Alkitab, dengan cara bergaul dengan Roh Kudus setiap hari
  • Pakai gelombang theta/ batang otak dengan cara Alkitab: dengan cara menambah kapasitas iman, doa tiga dimensi dan dengan melepaskan pengampunan sehingga mengalami kesembuhan dari traumatic masa lalu

 

7.10 Mengapa anak saya belum jenius?

Banyak orang tua yang bertanya mengapa anak saya tidak jenius, padahal ia sudah ke sekolah minggu, baca Alkitab, dll?

Ada beberapa penyebabnya:

  1. Karena kita sering melupakan gelombang Alpha, dan hanya focus pada aktifitas sadar / betha saja.
  2. Dan kita menyerahkan pendidikan rohani anak-anak kita 100 % pada guru sekolah minggu yang hanya 1 jam dalam 1 minggu, lupa bahwa pendidikan anak, menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua, guru sekolah minggu hanya membantu saja seminggu sekali, menggaris bawahi apa yang sudah kita ajarkan di rumah.
  3. Perkataan negative, menjadi kutuk bagi anak-anak (Amsal 18:21)
  4. Seringkali kita hanya vokus pada kecerdasan kognitif saja, dan melupakan kecerdasan emosi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan mereka kea rah Jenius
  • Kecerdasan emosi sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan/keberhasilan. Di alkitab ada contoh, yaitu kehidupan Kaleb:
    1. Kaleb punya jiwa yang lain dari orang lain, sehingga dengan jiwa yang lain dari yang lain itulah ia bisa masuk ke tanah Kanaan dan memperoleh tanah perjanjian, bakan dapat mewariskan untuk keturunannya. KECERDASAN EMOSI ADALAH INVESTASI MASA DEPAN.
    2. Kaleb punya kecerdasan emosi yang sangat tinggi, pada saat orang lain bersungut-sungut pada Tuhan, dia tidak melakukannya, pada saat orang lain kehilangan motivasi untuk merebut Kanaan, dia tetap optimis.
  • Bacalah Bilangan 14:22, 24 , kriteria untuk seleksi masuk tanah Kanaan adalah, yang bersungut-sungut lebih dari sepuluh kali, tidak boleh masuk, dan ternyata yang lolos audisi hanyalah Kaleb dan Yosua.
  1. Minta Tuhan bukakan pintu bagi kesembuhan trauma/luka batin di masa lalu, yang menghambat kejeniusan kita.
  2. Jangan melupakan pentingnya pembentukan karakter serupa Kristus yang menjadi modal sangat berharga dalam kehidupannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: